Situs Berbagi Informasi

6 Alat Sablon Manual Penting

6 Alat Sablon Manual Terpenting

6 Alat Sablon Manual Penting. Jika kita ingin membuka dunia bisnis grafis atau printing, membuka usaha cetak sablon memberi peluang bisnis cukup menjanjikan. Pasalnya hasil cetak sablon senantiasa dibutuhkan untuk menunjang aktifitas industri dalam lingkup luas. Hasil cetaknya memiliki ceruk pasar yang khas, yakni segmen menengah kebawah dengan spesifikasi tersendiri. 

Nah bagi Anda yang hendak memulai dalam jasa cetak grafis dan printing dengan sablon, berikut alat-alat yang wajib ada untuk digunakan dalam memproduksi hasil sablon.

Kain Gasa (screen)


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Kain gasa disebut juga dengan screen yaitu kain yang digunakan dalam mencetak gambar pada benda yang akan disablon. Kain ini berpori-pori dan bertekstur sangat halus hingga menyerupai kain sutera. Lubang pori-pori pada kain screen ini berfungsi menyaring dan menentukan jumnlah tinta yang keluar.


Bingkai Saring (Screen Frames)


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Bingkai saring atau bingkai screen (screen frames) digunakan untuk merentangkan kain screen. Bingkai screen umumnya berbentuk kotak atau empat persegi panjang datar. Namun, ada juga bingkai screen yang berbentuk lengkung, bundar, setengah lingkaran, atau variasi bentuk lainnya. Bentuk ini disesuaikan dengan kontur benda yang akan menjadi sasaran cetak sablon. Untuk mencetak benda datar seperti kertas, gunakan screen datar (flat). Untuk mencetak benda yang permukaannya melengkung seperti gelas atau drum, gunakan screen melengkung.


Catok (Penjepit Screen)


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Penjepit screen atau catok digunakan sebagai alat pemegang screen. Catok menyelaraskan fungsi kerja antara screen dan meja cetak. Catok juga berperan menjaga kestabilan bingkai screen agar tidak berubah posisinya saat sedang proses pencetakan, terutama saat melakukan penyusunan warna. Dengan bantuan catok, proses pencetakan menjadi lebih praktis, cepat dan akurat.


Rakel (Squeegee)


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Rakel merupakan alat bantu penyaput tinta atau cat sablon untuk digunakan pada screen. Dengan rakel proses pemindahan tinta dari atas screen kepermukan benda atau objek yang akan disablon dapat dilakukan.

Rakel umumnya terbuat dari bahan sintetik seperti polyurethane atau polyvinyl. Bahan ini cukup kuat dan tahan kelembaban udara, suhu, dan macam-macam bahan kimia sablon.


Pelapis (Coater)


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Coater adalah alat yang terbuat dari alumunium yang digunakan untuk melapis screen dengan larutan afdruk. Bentuknya menyerupai mangkuk persegi, memiliki dua sisi pinggir dengan ketebalan yang berbeda, dan bagian tenahnya cekung kedalam yang berfungsi sebagai tempat larutan untuk melapisi screen. Coaterdigunakan untuk proses pembuatan film atau afdruk (exposing) model gambar pada screen.


Meja cetak


6 Alat Sablon Manual Terpenting

Meja cetak atau meja sablon digunakan sebagai akas atau dasar dari benda yang akan disablon. Benda yang akan disablon diletakan diatas penampang meja sablon, sehingga meja sablon harus dibuat kokoh dan kuat agar tidak goyah. Jika meja sablon goyah saat digunakan, kualitas hasil sablon tidak akan sempurna.

Penampang atau permukan meja sablonpun harus datar dan rata. Penampang yang melengkung dan tidak rata akan mengganggu proses cetak, bahkan sangat mengganggu kualitas hasil sablon.

Back To Top